PENTINGNYA KERJASAMA

“Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh!”. Masih ingat ungkapan yang sering dikatakan guru waktu kita masih di SD itu? Saya yakin anda masih ingat. Dan sampai kapanpun ungkapan itu tetap manjur untuk diterapkan, termasuk untuk urusan memajukan bisnis online.

Saya yakin sebagai manusia kita pasti dipenuhi keterbatasan. Tak mungkin melakukan semuanya seorang diri. Mungkin kita kurang ahli dalam berpromosi, kurang pintar dalam membuat konten, atau mungkin kurang pandai dalam desain. Dan cara terbaik untuk mengatasi kekurangan itu adalah dengan bekerjasama dengan orang lain untuk mendapatkan keuntungan bersama.

Kalau dalam dunia bisnis, istilahnya disebut joint venture. Artinya, dua orang atau lebih saling bekerjasama yang saling menguntungkan. Bisa dalam hal mendapatkan penghasilan lebih banyak, menekan biaya, atau juga dalam pengelolaan bisnis. Yang pasti dengan bekerjasama tak ada ruginya. Anda bisa meraih pencapaian yang jauh lebih besar dibanding dengan melakukannya sendiri.

Mungkin anda punya kelebihan pada pengunjung yang membludak. Mungkin orang lain punya keunggulan dalam desain atau programing. Dengan saling bekerjasama, pastinya bisnis anda akan lebih kokoh dan berkembang.

Lalu, bentuk kerjasama seperti apa? Banyak pilihan yang bisa anda lakukan. Seperti anda bisa membuat content bersama, saling bertukar ruang iklan, membuat produk bersama, atau bisa juga membuat event bersama-sama. Ada banyak pilihan yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan bersama.

Lalu bagaimana cara melakukannya? Gampang!

1. Tetapkan tujuan anda. Pertama, anda harus menetapkan apa sasaran yang ingin dicapai. Sebab, tujuan yang anda pilih sangat menentukan siapa mitra yang akan diajak bekerjasama. Misal, tujuan anda memperbesar traffic, nantinya anda perlu cari siapa mitra yang memiliki kelebihan itu.
2. Tentukan apa yang bisa anda berikan. Apa yang bisa anda tawarkan kepada calon mitra anda? Misal, anda punya keahlian dalam desain, anda bisa tawarkan skill anda itu padanya. Atau mungkin anda punya produk, anda bisa berikan gratis padanya. Sederhananya, kira-kira apa yang bisa anda berikan buat mitra anda. Agar kerjasama yang dilakukan menguntungkan kedua belah pihak.
3. Cari calon mitra potensial. Setelah anda lakukan dua langkah di atas, saatnya anda mulai mencari calon mitra anda. Tentunya berdasarkan pada tujuan yang ingin anda capai serta apa yang bisa anda tawarkan padanya. Berdasar dua hal tadi, anda bisa cari siapa calon mitra yang cocok untuk bekerjasama dengan anda.
4. Ajak bekerjasama. Lalu langsung saja anda kirimkan email ajakan bekerjasama. Dalam email anda, tekankan pada keuntungan yang bisa didapatkan calon mitra anda. Misal, kalau anda punya keahlian dalam desain, anda bisa janjikan membuatkan template yang bisa membuat pengunjung lebih betah ketika datang ke situs web anda. Selain lewat email, anda bisa menghubunginya lewat telepon atau juga bertemu langsung.

Bekerjasama pasti menguntungkan. Saya jamin tak ada ruginya. Agar bisnis internet anda bisa lebih berkembang, saatnya anda mencobanya saat ini juga. Yang penting, dalam kerjasamanya, semua pihak saling diuntungkan.

Tidak ada komentar: