IQ finansial tersusun atas pengetahuan dari

1. Akuntansi
Inilah yang disebut melek finansial. Keterampilan penting jika anda ingin membangun imperium bisnis. Semakin banyak uang yang menjadi tangung jawab anda, semakin dibutuhkan keakuratan, atau rumah itu akan ambruk. Ini adalah otak bagian kiri atau detail-detail.

Melek finansial adalah kemapuan untuk membaca dan memahami laporan finansial. Kemampuan ini mengizinkan anda untuk mengenali kekuatan dan kelemahan bisnis apapun.
2. Investasi
Inilah yang disebut ilmu pengetahuan tentang uang yang menghasilkan uang.
Ini mencakup stategi dan formula. Ini adalah otak bagian kanan, atau sisi kreatif.
3. Mengerti Pasar
Ilmu pengetahuan tentang penawaran dan permintaan. Ada keharusan untuk mengetahui aspek-aspek “teknis” dari pasar yang merupakan dorongan emosi.

Boneka Tickle Me Elmo (tokoh dalam Sesame Street) dalam saat Natal 1996 adalah kasus pasar yang bersifat teknis atau dorongan emosi. Faktor pasar lainnya adalah “dasar” atau pengertian ekonomis akan investasi.

Apakah investasi masuk akal atau tidak masuk akal didasarkan pada kondisi-kondisi pasar yang sekarang. Popularitas boneka Tickle Me Elmo yang luar biasa itu tidak masuk akal.

Tetapi itu menunjukkan sebuah contoh yang sangat bagus tentang penawaran dan permintaan. Hal yang sama berlaku untuk pasar saham, surat-surat berharga dan real estat.
4 Hukum
Misalnya memanfaatkan korporasi yang dibungkus dengan keterampilan teknis tentang akuntansi, investasi dan pasar dapat membantu pertumbuhan yang luar biasa.

Orang dengan pengetahuan tentang keuntungan dan perlindungan pajak yang disediakan oleh sebuah korporasi dapat menjadi kaya dengan jauh lebih cepat daripada orang yang cuma menjadi karyawan atau pemilik tunggal sebuah bisnis kecil.

Ini seperti perbedaaan antara seseorang yang berjalan kaki dengan yang terbang. Perbedaan itu sangat besar bila menyangkut kekayaan jangka panjang.

Keuntungannya;
1. Pajak
Korporasi dapat melakukan begitu banyak hal yang tidak dapat dilakukan individu. Seperti membayar pengeluaran sebelum ia membayar pajak.

Ini adalah bidang keahlian yang menyeluruh dan sangat menarik, tetapi tidak perlu dimasuki kecuali anda mempunyai aset yang cukup besar atau sebuah bisnis.

Karyawan mendapatkan bayaran dan dikenakan pajak dan mereka berusaha hidup berdasarkan apa yang tersisa.

Korporasi mendapat bayaran, membelanjakan segala sesuatu yang ia bisa dan dikenai pajak atas apa yang tersisa. Ini adalah salah satu lubang pajak legal yang terbesar yang digunakan oleh orang kaya. Hal itu mudah diadakan dan tidak mahal jika anda memiliki investasi yang menghasilkan arus kas yang baik.

Contohnya: dengan memiliki korporasi anda sendiri, pembayaran mobil, asuransi, reparasi adalah pengeluaran perusahaan. Keangotaan klub kesehatan adalah pengeluran perusahaan. Kebanyakan jamuan makan di restoran adalah pengeluaran tambahan. Dan sebagainya dan seterusnya tetapi lakukanlah secara legal dengan uang sebelum kena pajak.
2. Perlindungan dari perkara hukum
Kita hidup dalam masyarakat yang mudah menuntut perkara secara hukum. Setiap orang menginginkan contoh tindakan anda.

Orang kaya menyembunyikan banyak kekayaan mereka dengan menggunakan sarana-sarana seperti korporasi dan perseroan untuk melindungi aset mereka dari para kreditur.

Ketika orang menggugat individu yang kaya, mereka sering kali menemui lapisan-lapisan perlindungan legal, dan sering mendapati bahwa orang kaya sesungguhnya tidak memiliki apapun.

Orang miskin dan kelas menengah berusaha untuk memiliki segala sesuatu dan kehilangan hal itu untuk pemerintah atau warga negara sesamanya yang ingin menuntut orang kaya. Mereka belajar hal itu dari kisah Robin Hood. Mengambil dari orang kaya, memberi pada orang miskin.

Jika anda memiliki aset apapun yang sah, maka pertimbangkan untuk mengetahui lebih banyak tentang keuntungan dan perlindungan yang ditawarkan oleh korporasi sesegera mungkin.
• IQ finansial sesungguhnya adalah sinergi dari banyak keterampilan dan talenta. Tapi kombinasi 4 keterampilan teknis yang tercantum di atas yang membentuk intelegensi finansial dasar.

Jika anda bercita-cita untuk menjadi kaya raya, kombinasi keterampilan-keterampilan itulah yang akan memperkuat intelegensi finansial anda.


sumber: buku Rich Dad, Poor Dad

"Jika kamu tidak menggunakan senyumanmu, kamu seperti orang yang memiliki tabungan satu juta dolar, tetapi tidak mempunyai buku cek untuk mengambulnya."
Les Giblin
.

Tidak ada komentar: